Saturday, September 2, 2023

Ketika Wanita Berbisnis - Rumah Tangga Berkah, Omzet Berlimpah

Penulis: Husnah Yusuf

Jumlah halaman: xviii + 203 halaman 

Format: soft cover 


Penerbit: PT Elex Media Komputindo


ISBN: 9786230046476


Banyak wanita yang mengeluh uang kurang, bingung tentang masa depan. Banyak wanita yang bingung kerja di luar sana tapi hati dan pikiran ada di rumah karena meninggalkan si buah hati. 


Banyak pula wanita yang ingin bantu suami, tapi bingung caranya bagaimana. Banyak wanita yang bangun bisnis karena ingin lebih fleksibel bersama keluarga, tapi malah kesibukannya semakin menggila. Banyak wanita yang mengeluh, ingin ibadah, tapi uang bahkan untuk dapur saja masih terengah-engah.  


Premis ini sering menghinggapi perempuan pekerja kantor yang juga menjadi ibu rumah tangga. Husnah Yusuf, sang penulis, mengajak pembaca menjadi karyawan untuk diri sendiri. Menurutnya karena lebih mudah mengaplikasikan ide yang ada di kepala, waktu kerja yang fleksibel, membuka lapangan kerja, dan belajar menjadi seorang pemimpin. 


Buku ini menawarkan sudut pandang seorang perempuan yang memilih membuka usaha, ketimbang jadi seorang pekerja kantoran. Husna bisa bercerita dari sudut pandang mantan pekerja kantoran. 


Tulisan muslimah, sehingga mengutip referensi berbasis agama Islam. Sebagai contoh Husnah mencontohkan perempuan yang mandiri dalam mencari uang seperti Bunda Khadijah yang ketika beliau menikah dengan Rasulullah saw., beliau mandiri secara ekonomi. Bisnisnya besar, perdagangannya ekspor sampai ke berbagai negara. 


Menurutnya wanita berbisnis adalah home-based atau bisa dikendalikan dari rumah, sehingga keluarga juga tetap bisa diurus. Saran produk women-based produk yang dibutuhkan oleh wanita, bukan lawan jenis, misalkan skin care, mainan anak, peralatan dapur, minimarket, laundry dan masih banyak lainnya. 


**


Kenapa saya tertarik dengan buku ini? Sebagai perempuan tak dipungkiri, diri ini terpesona dengan judul bukunya. Di benak ini langsung muncul ekspektasi di dalam buku ada panduan atau semacam tips dan trik tetap menghasilkan uang sendiri apabila saya memutuskan resign dari kantor untuk menjadi full-time Nyonya (hehe, Nyonya dulu ya, baru kemudian mamanya anak-anak). 


Namun dari total 6 Chapter (Bab) yang ada di buku ini, saya seperti membaca isi pikiran penulis yang scattered , kurang sistematis, dan ketika menutup satu bab, otak pun berujar, “Jadi, sebetulnya poin utamanya apa?”


Baru ketika memasuki Chapter 3, saya mulai terhanyut menyimak isi buku. Pada akhirnya, saya menilai buku ini menjadi pemantik atau pembuka wawasan seorang perempuan alasan lebih baik menjadi women mom entrepreneur. Buku tentang menjadi seorang wirausaha (entrepreneur) banyak! Tapi buku “Ketika Wanita Berbisnis - Rumah Tangga Berkah Omzet Berlimpah” ini mengisi celah tema yang niche alias spesifik, yaitu tentang wanita wirausaha. 


Jika tertarik untuk mencari inspirasi bisnis bagi seorang perempuan, maka tentu perlu mencari referensi buku lain. 


Adapun isi Chapter (Bab) buku “Ketika Wanita Berbisnis - Rumah Tangga Berkah Omzet Berlimpah” terdiri dari: 


Chapter 1: Bunda Tempatmu di Rumah

Chapter 2: Rumus Alhamdulillah Bismillah 

Chapter 3: Ketika Wanita Berbisnis 

Chapter 4: Mindset Kekayaan 

Chapter 5: Dasteran Miliaran 

Chapter 6: Berjalanlah Perlahan 


(*)


No comments:

Post a Comment