Sunday, January 15, 2023

Rich Dad Poor Dad

Penulis: Robert T. Kiyosaki

Buku Business/Management - Edisi Bahasa Indonesia

Dimensi: 15 x 23  cm

Berat: 0,270 gram

Tebal: 244 halaman

Format: Soft cover

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-602-03-3317-5

 

Deskripsi:

 

“Alasan utama orang mengalami kesulitan keuangan adalah mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah tapi tidak belajar apa-apa tentang uang. Akibatnya, orang belajar untuk bekerja demi uang tapi tidak pernah belajar membuat uang bekerja bagi mereka.”

—Robert Kiyosaki

 


Rich Dad Poor Dad
(Ayah Kaya Ayah Miskin) adalah buku yang dirilis pertama kali pada 1997 karya Robert T. Kiyosaki dan Sharon Lechter membahas masalah finansial yang dihadapi banyak orang dikarenakan ajaran keliru orang tua mereka mengenai keuangan, yang juga dialaminya semasa kecil dan remaja.

 

Poor Dad (Ayah Miskin) adalah ayah kandung Robert sendiri yang seorang guru berpendidikan tinggi yang selalu menekankan anak-anaknya untuk giat bersekolah supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus di sekolah dan pekerjaan yang terjamin di masa mendatang. Ayah Miskin mengajarkan kepada anaknya menjadi pegawai yang berpenghasilan tinggi, tetapi pada kenyataan tetap bergantung kepada gaji sepanjang hidupnya.

 

Berbeda halnya dengan Rich Dad (Ayah Kaya) yang tidak berpendidikan tinggi tapi mengajarkan anak-anaknya untuk mengambil risiko membangun usaha dan menjadi investor setelah mereka lulus sekolah.

 

Kedua ayah ini disebutkan telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupannya yang sekarang, karena dengan ajaran Ayah Kaya, ia bisa berhasil dalam bidang finansial, dan dengan pengaruh ayah kandungnya, Robert bisa menjadi pengajar mengenai pendidikan ekonomi yang dia ciptakan. 


Saya pertama kali membaca buku ini karena dipinjamkan teman. Saat itu, seingatku, saya mungkin baru di tahun awal terjun ke dunia kerja, sedang menikmati penghasilan bulanan untuk membeli apa yang diinginkan (dengan catatan: ingin tapi sesuai kemampuan, lho). Setelah membaca buku itu, cukup mengubah pandanganku tentang penghasilan serta sebagaimana nasehat Ayah Kaya untuk mendefinisikasn asset dan liabilitas secara jelas.

 

Dalam buku ini, Robert Kiyosaki mencoba mengajarkan para pembaca untuk mulai saat ini melatih anak dan cucunya kelak, bahkan untuk dirinya sendiri agar cerdas dalam mengelola persoalan finansial. Selain itu, Robert juga menggarisbawahi bahwa orang kaya tidak bekerja hanya untuk uang, melainkan uang yang akan bekerja untuknya.

 

Saya kembali membaca buku Rich Dad Poor Dad versi Bahasa Indonesia yang mencapai cetakan ke-58 (Februari 2021) di masa pandemi COVID-19. Baca buku menjadi salah satu kegiatan saat di rumah saja apalagi karena beli buku juga bisa secara online misalkan di situs e-commerce seperti Shopee, Blibli, Periplus atau Gramedia.com.

 

Buku Rich Dad Poor Dad telah diterbitkan pertama kali pada 24 tahun lalu. Tapi ide yang ditawarkan semakin benar, dimana setiap orang paham tentang pentingnya melek finansial dan pentingnya pendidikan keuangan  sejak masih anak-anak.

 

Buku Rich DadPoor Dad direkomendasikan sebagai salah satu buku rekomendasi sebagai titik awal bagi siapa pun yang ingin belajar tentang investasi dan pengelolaan keuangan.  


Ini bocoran Daftar Isi buku Rich Dad Poor Dad:

·        Pendahuluan: Ayah Kaya, Ayah Miskin

·        Bab Satu: Pelajaran Satu: Orang Kaya Tidak Bekerja untuk Uang

·        Bab Dua: Pelajaran Dua: Mengapa Mengajarkan Melek Keuangan?

·        Bab Tiga: Pelajaran Tiga: Uruslah Bisnis Anda Sendiri

·        Bab Empat: Pelajaran Empat: Sejarah Pajak dan Kekuatan Korporasi

·        Bab Lima: Pelajaran Lima: Orang Kaya Menciptakan Uang

·        Bab Enam: Pelajaran Enam: Bekerja untuk Belajar—Jangan Bekerja untuk Uang

·        Bab Tujuh: Mengatasi Berbagai Hambatan

·        Bab Delapan: Memulai

·        Bab Sembilan: Masih Ingin Lagi? Berikut Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan

·        Pemikiran Akhir

(*)



No comments:

Post a Comment